Minggu, 28 Oktober 2012

Makalah Blog Support Stia Lan

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sistem informasi akademik yang baik adalah sistem yang bisa menunjang segala kegiatan pendidikan baik yang offline maupunn online  yang terjadi pada suatu institusi pendidikan atau Universitas. Bagian dari sistem informasi akademik yaitu sistem absensi dosen. Sistem absensi itu berfungsi sebagai sarana penyedia informasi kehadiran dosen kepada mahasiswa, bagian akademik dan pimpinan institusi didalam mengambil sebuah keputusan. Sistem absensi dosen yang baik berpengaruh besar terhadap kelancaran kegiatan belajar mengajar yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar.
Kebutuhan akademik akan informasi kehadiran dosen saat ini sangat diperlukan mengingat banyaknya jumlah mahasiswa yang membutuhkan informasi yang jelas dan cepat. Kebutuhan informasi ini harus dipenuhi untuk mendukung segala kegiatan belajar mengajar.
Sampai saat ini informasi untuk kehadiran dosen di STIA-LAN MAKASSAR masih sangat sederhana, masih banyak mahasiswa tidak mengetahui apakah dosen masuk atau tidak dari ketua tingkat (komisaris kelas) saja. Informasi kehadiran dosen biasanya tidak sampai ke mahasiswa secara menyeluruh jadinya biasa mahasiswa menunggu di kelas dan menunggu dosen apakah masuk mengajar atau tidak.
Hampir seluruh mahasiswa STIA-LAN MAKASSAR memiliki pekerjaan atau semacam suatu kesibukan di luar kuliah, apalagi mahasiswa yang memiliki banyak pekerjaan dikantor dan minta izin kepada atasan untuk menjalani kewajiban sebagai mahasiswa untuk mengukuti perkuliahan dikampus. Jadi suatu kerugian bagi mahasiswa apabila sesampai kampus dan baru mengetahui dosennya tidak masuk mengajar.  Jadi dalam ini kelompok kami memiliki inisiatif bahwa bagaimana caranya mahasiswa mengetahui kehadiran dosen sebelum ke kampus supaya terjadi keefektifan dalam proses belajar mengajar.
Dan dalam hal ini kami membutuhkan suatu system yaitu informasi dosen (masuk mengajar atau tidak) tidak lagi melalui ketua tingat (komisaris kelas) tapi bagian akademik langsung ke seluruh teman-teman mahasiswa yang mengambil mata pelajaran tersebut yaitu sebuah blog support STIA LAN MAKASSAR.
 



B.    Pokok Permasalahan
Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka pokok permasalahan bisa kami simpulkan, bagaimana peran pengelolan web/blog agar informasi dosen (masuk mengajar atau tidak) sampai keseluruh mahasiswa demi efesiensi dan keefektivan dalam proses belajar mengajar. 
C.    Tujuan
Adapun tujuan pemanfaatan penggunaan blogspot  adalah dalam rangka pencapaian pelayanan kepada mahasiswa mengenai informasi absensi dosen beserta informasi-informasi penting sputaran STIA LAN MAKASSAR.
D.    Manfaat
Adapun manfaat dari pembuatan  blogspot tersebut adalah agar memudah kan dan lebih efektifnya mengenai penyebaran informasi kehadiran dosen kepada setiap mahasiswa STIA LAN MAKASSAR khususnya.
BAB II
PEMBAHASAN
Defenisi Informasi
Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan” [3].

Informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi rasa cemas seseorang. Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Para Yunani kunokata untuk formadalah μορφή (morphe; cf. morph) dan juga εἶδος (eidos) "ide, bentuk, set", kata yang terakhir ini biasa digunakan dalam pengertian teknis filosofis oleh Plato (dan kemudian Aristoteles) untuk menunjukkan identitas yang ideal atau esensi dari sesuatu (lihat Teori bentuk). "Eidos" juga dapat dikaitkan dengan pikiran, proposisi atau bahkan konsep.
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.
[1] Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi
[2] Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.
Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.
Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (semisal dari Microsoft Excel) seringkali digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan bentuk informasi, sementara angka-angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga menjadi punya makna dan manfaat.
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).[1]

Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. [2] Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".[3] Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .

Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education)[6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.[7]
A.    Definisi Blog
Blog merupakan singkatan dari "web log". Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.Banyak orang mengarikan blog dengan bahasanya sendiri seperti menurut beberapa sumber yang telah ditemukan.

1.    Budi Rahardjo
Blog adalah catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola dengan menggunakan (basis) web.
2.    Labibah Zain ( Pendiri Blogger Family)
Web dan log (weblog) adalah media di mana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.
3.    Wikipedia Indonesia
Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
4.    Definisi Blog Versi Bloggingly
Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
5.    Definisi Blog sebagai media Jurnalisme
Blog adalah self publishing journalism, saya mencoba bertolak pikir dari terminologi ini. Self publishing journalism saya artikan secara sederhana sebagai jurnalisme yang dipublikasikan secara mandiri, independen.
Perbandingan Proses penyampaian Informasi
System di STIA LAN MAKASSAR mengenai penyebaran informasi dahulunya dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
Dosen ke Komisaris lalu Kemahasiswa
Dari gambar diatas kita bisa pahami difusi penyebaran informasi yang menggunakan system tersebut tidak sepenuhnya efektif melihat banyaknya jumlah mahasiswa di tiap ruangan yang mengambil mata kuliah tersebut menjadikan informasi tidak tersalurkan secara menyeluruh melainkan hanya sebahagian. Ilustrasi dosen yang menyampaikan informasi mengenai hadir atau tidaknya kepada komisaris dan komisaris yang tidak mampu menyebarkan informasi secara menyeluruh dikarenakan kurangnya kontak dengan komisaris ataupun mahasiswa bersangkutan. Hal tersebut menjadi tidak efektif dalam penyebaran informasi karena keterbatasan dari komisaris sendiri yang sudah pasti tidak memiliki semua kontak dari mahasiswa yang mengambil MK tertentu.
Menurut penulis mengenai pengembangan informasi sesuai dari latar belakang makalah ini adalah:
Dosen ke Akademik selaku Admin lalu ke Seluruh Mahasiswa
Kita bisa pahami gambar diatas dapat membuka penyebaran/difusi informasi secara menyeluruh dikarenakan media penyalurannya tidak terbatas, besarnya kontribusi perkembangan teknologi menjadikan kita mudah mendapatkan informasi sesuai apa yang kita butuhkan. Ilustrasi dosen yang memberikan informasi sebelumnya kepada pihak akademik selaku admin dapat mempostingkan di blogspot dengan catatan min 1x24 sebelum MK dimulai. Hal ini lebih meringankan dan menyeluruh bagi mahasiswa mengingat mahasiswa STIA LAN MAKASSAR tidak hanya mahasiswa biasa melainkan banyak yang bekerja di instansi pemerintahan dan perusahaan swasta yang membutukan informasi tersebut. 
Cara Pengelolaan
    Telah dijelaskan tentang defenisi dan pengertian dari apa itu informasi dan blog itu sendiri. Banyak hal kita bisa lakukan dengan menggunakan media internet (blog) sebagai sarana penunjang informasi untuk kita. Salah satu diantaranya adalah pengolalaan agar blog itu sendiri dapat memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi setiap orang.
    Untuk mengetehaui bagaimana cara pengelolaan blog agar lebih berguna dan banyak bermanfaat adalah menjadikan media blog itu sendiri menjadi sarana informasi penting salah satunya adalah mengenai informasi tentang absensi dosen.
    Untuk mengelola menjadikan blog sebagai saranan informasi adalah pentingnya juga dukungan dari pihak Institusi (Akademik) STIA LAN MAKASSAR. Akademik dapat memberikan informasi sebelumnya agar dapat dimuat sebagai postingan di blog untuk informasi absensi dosen. Itu penjelasan sedikit kontribusi dari pihak Akademik sendiri. Adapun langkah-langkah selanjutnya ialah:
1.    Buat blog: seperti yang kita ketahui sebagaimana fungsi dari blog itu sendiri adalah sarana pembelajaran dan media informasi bagi pengguna maupun penikmatnya. Pembuatan blog tersebut harus sesuai dengan panduan dan terutorial bagaimana cara pembuatan yang baik untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan.
2.    Postingan: setelah pembuatan blog sudah selesai sebagaimana mestinya, hal selanjutnya ialah bagaimana kita memposting hal-hal penting seputaran STIA LAN MAKASSAR khususnya tentang informasi absensi dosen. Dengan catatan sebagai berikut
“sebelum memuat postingan seharusnya kita mendapatkan terlebih dahulu informasi dari dosen yang bersangkutan agar dapat menjadi postingan informasi bagi mahasiswa STIA LAN MAKASSAR.”
3.    Waktu postingan: untuk lebih efektifnya informasi yang diberikan dalam postingan blog dapat dilakukan sehari dengan dimulai pada pagi pukul 08:00am sampai pukul 14:00pm. Hal tersebut untuk memberikan informasi awal bagi para mahasiswa yang memerlukan.
4.    Isi postingan: adapaun isi dari postingan tersebut ialah informasi-informasi penting mengenai seputan STIA LAN MAKASSAR khusunya absensi dosen untuk mengetahui keterangan masuk, tidak masuk ataupun belun diketahui.
Contoh Postingan:




Catatan:  
*Jadwal diatas dapat berubah sesuai permintaan dan kesanggupan kapan dosen tersebut dapat mengajar.
**seharusnya mahasiswa membuka blog tersebut sebelum ke kampus untuk mengetahui informasi kehadiran dosen.
Pengembangan
Sebenarnya buka hanya sebagai media informasi tetapi juga dapat dikembangkan menjadi:
1.    Sarana komunikas antara mahasiswa
Blog tersebut tidak hanya menjadi penyedia informasi mengenai hal seputaran STIA LAN MAKASSAR dan absensi dosen saja tetapi dapat menjadi sarana komunikasi bagi mahasiswa STIA LAN MAKASSAR dengan melalui media chatbox ataupun pada komentar postingan. Untuk mahasiswa yang mempunyai blog sendiri dapat juga menukarkan link dengan blog support STIA LAN MAKASSAR.
2.    Informasi  artikel penting
Artikel tersebut dapat bermanfaat sebagai kutipan atau panduan misalnya: pembuatan tugas, kutipan pada tugas, atau hanya sekedar menambah wawasan sesuai tema artikel tersebut.
3.    Link support ke website STIA LAN MAKASSAR
Informasi informasi yang tidak sempat dapat diposkan di blog ini dapat link ke website resmi STIA LAN MAKASSAR untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
4.    Tambahan penghasilan bagi pengelola
4.1 Seperti yang kita ketahui hampir sebahagian besar blogspot memasang google Adsense sebagai mata pencaharian yang dihasilkan dari iklan Adsense. Contoh misalkan:
Jumlah mahasiswa anggaplah ±500 mahasiswa. Jika setiap mahasiswa yang berkunjung 250/hari sudah barang tentu mendapatkan 250 klick per harinya dan jika perhitungan google adsense adalah $0.04/click maka 250x$0.04=$10 dalam sehari, luar biasa kan. Jika hal itu berkelanjutan silahkan dikalikan sendiri.
4.2    Tidak hanya penghasilan didapatkan dari google adsanse saja tetapi  juga dari kunjungan iklan itu memungkin mahasiswa ataupun membeli produk dari penyedia. 2 hal tersebut dapat terjadi jika seandainya pihak pengelola blogspot tidak hanya menjadi sarana informasi saja melainkan menginginkan sedikit pendapatan dari pembuatan blog support STIA LAN MAKASSAR.
BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Melayani mahasiswa STIA LAN melalui blog sesungguhnya adalah hal penting dan  faktor terpenting, dalam menjalankan blog tersebut adalah  menjadikan sarana sebagai penyebar ataupun saluran informasi sesuai apa yang mahasiswa butuhkan. Sering dijumpai para pengguna internet mengabaikan hal kecil seperti ini akan tetapi jika kita ketahui tidak ada hal besar tanpa melalui hal kecil. Blog support STIA LAN MAKASSAR sangat membantu apalagi bagi mahasiswa yang sibuk dengan kerjaanya, dan ditambaha lagi dengan tugas di kampus. Mudah-mudahan dengan adanya blog ini kebutuhan-kebutuhan mahasiswa dapat terpenuhi khusunya informasi mengenai kehadiran dosen.

B.    SARAN
    Secara otomatis saran untuk pembuatan sistem ini adalah mudah-mudahan system dapat menjadi menyedia informasi bagi mahasiswa sebagaimana yang diharapkan. Dan bukan hanya menjadi blog support saja tapi menjadi web dan dipatenkan. AMIN… Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar